Adsense Link 728 X 15;

Deklarasikan Pencapresan, Ical Bisa Jadi Sasaran 'Tembak'

Posted by Unknown Monday 2 July 2012 0 comments
Adsense Content. recommended 336 X 300
Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie telah mendeklarasikan diri secara terbuka menjadi capres. Langkah ini bisa berdampak positif, namun bisa berimplikasi negatif.

"Ada dua tujuan utamanya. Untuk sebuah sistem politik ada baiknya memberikan gambaran Ical sebagai capres Golkar, silakan dievaluasi oleh publik. Apa akan diterima atau dikritik," kata pengamat komunikasi politik, Effendi Ghazali, kepada detikcom, Senin (2/7/2012).

Nah, karena pencapresan Ical sudah dikumandangkan jauh hari maka kritik terhadap Ical pun bisa disuarakan terus menerus sampai tahun 2014. Meskipun pencapresan Ical tak bisa dibilang buru-buru.

"Sebenarnya kalau dihitung buru-buru banget tidak juga. Obama itu jauh-jauh sebelum deklarasi sudah berpidato program-programnya. Dan itu dalam politik modern sudah biasa,"katanya.

Namun, yang harus diantisipasi Ical adalah serangan dari lawan-lawannya. Dalam hal ini tentunya parpol atau cawapres dari partai lain bisa saja mengobok-obok popularitas Ical.

"Persoalan yang agak serius juga dalam konteks seperti itu sudah benar-benar siap belum. Karena kalau nanti sudah dipublikasikan jadi pusat perhatian dan sasaran tembak," lanjut Effendi.

Karena Itu, lanjut Effendi, harusnya Ical menyelesaikan masalah-masalah yang bisa mengganjal pencapresannya. Dengan demikian meminimalisir masalah-masalah yang mungkin muncul selama konsolidasi pencapresannya dilakukan.

"Dalam arti elektabilitasnya bisa stabil tapi bisa turun juga karena kritik masyarakat. Dan harus menyelesaikan kasus-kasus yang selama ini jadi kelemahan. Seperti kasus Lapindo, bagaimana kalau nanti nyapres namun masih menyisakan masalah Lapindo," tandasnya.

Adsense Content. bottom of article

0 comments:

Post a Comment